Random Trip to Singapore (Part 2)

Hari kedua kami diawali dengan hujan yang turun cukup deras. Sekitar pukul 9 pagi, saya, Vitha, dan Farah turun ke lobby hostel untuk sarapan. Di salah satu sudut lobby sudah tersedia roti tawar, sereal, teh, dan kopi sachet yang bisa diambil sesuka hati hingga pukul 11 siang.

(source: createdshavira.blogspot.com)

(source: www.tripadvisor.com)

Sekitar pukul 10.30 pagi, perlahan hujan mulai reda. Kami pun bergegas menuju stasiun Clarke Quay. Pagi itu kami berencana untuk berkunjung ke Gardens by the Bay (taman buatan di daerah Marina Bay). Untuk menuju stasiun Bayfront (stasiun yang paling dekat dengan Gardens by the Bay) kami harus berganti kereta 2 kali. Pertama di stasiun Dhoby Ghaut, kemudian di stasiun Marina Bay.

Dari stasiun Bayfront, kami berjalan kaki ke arah Gardens by the Bay. Ternyata letaknya bersebrangan dengan Marina Bay Sands. Dari kejauhan tampak jejeran pohon raksasa (Supertrees Groove) dan 2 buah rumah kaca besar (Flower Dome dan Cloud Forest).

Karena lumayan banyak tempat yang bisa dieksplor di sini dan harga tiket masuknya juga tidak bisa dibilang murah, kami pun memutuskan untuk masuk ke Flower Dome saja. Kebetulan saat itu sedang ada French Faire. Di tengah dome tampak miniatur menara Eiffel berbalut tanaman hijau yang dikelilingi oleh bunga-bunga lavender.

Selain aneka bunga dari Perancis, di sini juga terdapat tanaman lain yang berasal dari berbagai belahan dunia, seperti dari Afrika, Amerika, maupun Mediterania.

Setelah capek berkeliling, kami istirahat sejenak di area Taman Mediterania. Di sini terdapat beberapa tempat duduk yang dibuat melingkari pohon-pohon palm besar.

Dari Flower Dome, kami berjalan ke arah Marina Bay Sands Mall. Begitu sampai kami langsung menuju Rasapura Master (food court) untuk makan siang. Setelah itu baru kami berkeliling mall atau lebih tepatnya sih, nemenin si Vitha belanja. *sigh* *sigh*

Hampir 2 jam keluar masuk Sephora, Victoria Secret, dan toko lainnya, saya dan Farah pun memaksa Vitha untuk segera cabut dari situ. Tujuan kami berikutnya adalah Esplanade (pusat seni). Letaknya tidak terlalu jauh dari Marina Bay Sands Mall, sehingga bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Tapi karena siang itu mataharinya cukup terik, jadi lah sepanjang jalan si Vitha ngomel-ngomel kayak emak-emak mau lahiran :D

The Helix Bridge

ArtSience Museum

Marina Bay Sands Mall dan Esplanade dihubungkan dengan sebuah jembatan berbentuk unik yang menyerupai DNA (The Helix Bridge). Dari jembatan ini kita bisa melihat aneka bangunan unik lainnya, seperti ArtScience Museum (museum berbentuk bunga teratai), The Float Stadium (stadion bola apung terbesar di dunia), dan Singapore Flyer (kincir raksasa mirip dengan London Eye di Inggris).

Hampir 20 menit berjalan, perlahan bangunan Esplanade yang menyerupai kulit durian itu pun mulai kelihatan. Sebelum berkeliling, kami beristirahat sebentar di sekitar outdoor theatre-nya. Kebetulan saat itu sedang ada pertunjukan sebuah grup musik. Esplanade sendiri memiliki beberapa theatre, ruang pameran, dan mall.

Bersantai di Pinggir Marina Bay

Silence by Ari Bayuaji

Sauce Bar Esplanade

Dari Esplanade, kami berjalan ke arah Raffles Place. Awalnya kami akan berkunjung ke Asian Civilisations Museum (ACM). Tapi karena si Vitha sudah stres dan ingin kembali berbelanja, jadi lah kami hanya duduk-duduk sebentar di halaman museum sambil makan es krimnya si uncle :|

Tempat berikutnya yang kami tuju adalah Bugis Street. Dari stasiun Raffles Place, kami hanya perlu naik MRT sekali saja dan turun di stasiun Bugis. Di sini merupakan pusatnya oleh-oleh. Dari mulai kaos, gantungan kunci, magnet kulkas, hingga aneka makanan ringan seperti coklat, ada di sini. Rata-rata harga yang ditawarkan adalah harga grosir.

Di Sekitar Bugis Street

Setelah kurang lebih satu jam berkeliling, kami masuk ke McDonald's untuk makan malam. Ada pemandangan yang cukup unik saat kami makan. Kebanyakan pelayan restoran cepat saji di sini adalah lansia. Selidik punya selidik, ternyata itu memang kebijakan dari perdana menterinya agar para lansia tersebut tetap bisa mendapatkan penghasilan pribadi di masa tua mereka.

Selesai makan, kami si anak-anak random menutup hari dengan kembali lagi ke Esplanade untuk melihat Light and Water Show. Pertunjukan ini diadakan setiap Jumat dan Sabtu pukul 8 malam dari Marina Bay Sands dan Esplanade merupakan spot paling pas untuk menikmati pertunjukan tersebut.