Short Escape to Phuket (Part 1)

Perjalanan yang satu ini sebenarnya sudah lumayan lama (sekitar Mei 2013). Tapi karena foto-foto pendukungnya sempat tercecer, jadi lah baru bisa diceritakan sekarang :p *alasan tingkat dewa*

Awalnya, hanya saya dan adik-adik saya (Ihsan, Nabila, dan Nadya) saja yang akan pergi. Kebetulan kami sama-sama sedang butuh refreshing. Tapi setelah melihat rencana perjalanan kami dan kebetulan juga belum pernah berkunjung ke Phuket, orang tua kami pun memutuskan untuk ikut. Hanya saja mereka telat booked tiket pesawatnya, sehingga kami menggunakan penerbangan yang berbeda saat perjalanan pergi. Saya dan adik-adik saya menggunakan penerbangan langsung Jakarta-Phuket. Sedangkan orang tua kami menggunakan penerbangan via Kuala Lumpur.

Dari informasi yang didapat, transportasi umum di Phuket lumayan susah. Oleh karena itu, selama di sana kami menggunakan jasa travel lokal. Awalnya, kami ingin menggunakan jasa Big Boss Tour & Travel milik Mrs. Ladda & Mr. Billy. Travel ini sangat terkenal di kalangan travel blogger karena memberikan harga yang bagus dengan pelayanan yang memuaskan. Tapi karena susah dihubungi (mungkin kebanyakan pelanggan), akhirnya kami menggunakan jasa Patong Cherry Travel & Tour milik Mr. Puttachat (menurut review travel ini sedikit di bawahnya Big Boss Tour & Travel).

(source: www.foodiebaker.com)

Sebelum berangkat, saya dan Mr. Puttachat sudah saling berkirim e-mail mengenai rencana perjalanan saya dan keluarga selama di sana, sekaligus bernegosiasi soal harga. Sedangkan untuk masalah pembayaran, DP-nya akan dibayar setibanya di hotel dan sisanya pada hari kedua. Kira-kira seperti ini rencana perjalanan kami dengan Patong Cherry Travel & Tour :
Day 1
  • Airport - Hotel
Day 2
  • Phi Phi Island Tour
  • Simon Cabaret
Day 3
  • City Tour
  • Dropping off at the airport
Saya dan adik-adik saya berangkat dari Terminal 3 Soekarno-Hatta International Airport (SHIA) pada Jumat sore (orang tua kami sudah berangkat lebih dulu ke Kuala Lumpur dengan penerbangan pagi). Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 3 jam, kami pun tiba di Phuket International Airport. Sebelum keluar bandara, kami melihat banyak counter free sim card untuk turis (hanya tinggal beli pulsa/paket internetnya saja). Tidak mau menyia-nyiakan hal tersebut, kami semua memutuskan untuk mengganti nomor handphone selama di sana :p

(source: www.placeandfoods.com)

Di luar, rekannya Mr. Puttachat sudah menunggu. Dia mengantarkan kami ke hotel dengan sebuah mobil van. Hotel yang kami tuju adalah Rayaburi Hotel di daerah Patong (mirip dengan Legian di Bali). Perjalanan ke hotel tidak terlalu menarik. Hanya tampak pohon-pohon kelapa dan rumah-rumah penduduk saja. Mungkin karena Phuket bukan kota besar seperti Bangkok. Di sini kehidupan malamnya hanya terpusat di daerah Patong saja. Setelah menempuh perjalanan selama kurang lebih 40 menit, kami pun tiba di hotel.

Deluxe Room Rayaburi Hotel Patong

Saat check-in, ada sedikit masalah yang menguntungkan. Jadi kami sudah booked standard room via agoda. Tapi pihak hotel malah memberikan kamar tersebut kepada tamu lain. Karena merasa bersalah, mereka pun memberikan deluxe room kepada kami. Lumayaaannn..:p

Setelah shalat dan mandi, kami bertemu sebentar dengan Mr. Puttachat di lobby hotel untuk menyelesaikan masalah pembayaran. Kemudian kami makan malam di sebuah restoran India yang letaknya tidak jauh dari hotel. Selain masakan India, restoran ini juga menyediakan masakan Thailand, seperti tom yum goong. By the way, di sini penduduk muslimnya lumayan banyak. Sehingga mudah untuk mendapatkan makanan halal.

(source: dishmaps.com)

Karena perjalanan besok akan lumayan menguras tenaga, maka setelah makan kami pun langsung kembali ke hotel untuk beristirahat.